Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)

Moda transportasi udara sudah bukan lagi moda yang sulit dijangkau masyarakat Indonesia saat ini. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah pernah merasakan yang namanya naik pesawat (CMIIW). Hal ini tidak terlepas dari semakin terjangkaunya harga tiket pesawat. Bagaimana bisa menjadi semakin terjankau (murah)? Hal tersebut karena semakin efisiennya penerbangan modern. Salah satu faktor efisiensi proses penerbangan adalah keteraturan dan kelancaran lalu lintas udara. Layaknya di darat, di udara juga terjadi hingar bingar lalu lintas. Jika di darat lalu lintas diatur oleh polisi, siapakah yang mengatur lalu lintas di udara? Ya, mereka adalah Pengatur Lalu Lintas Udara atau bahasa jawanya Air Traffic Controller (ATC).

ATC, sesuai ketentuan organisasi penerbangan sipil internasional (ICAO), memiliki 5 tugas utama yaitu:
1. Mencegah Tabrakan antar pesawat.
2. Mencegah Tabrakan antar pesawat di area pergerakan rintangan di area tersebut.
3. Mempercepat dan mempertahankan pergerakan Lalu Lintas udara.
4. Memberikan saran dan informasi yang berguna untuk keselamatan dan efisiensi pengaturan lalu lintas udara.
5. Memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam pencarian pesawat yang memerlukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan organisasi yang di persyaratkan.

Secara garis besar, air traffic control terbagi menjadi unit-unit yang memiliki karakteristik pekerjaan yang berbeda, yaitu:

o Aerodrome Control Tower
o Approach Control Office
o Area Control Center

Aerodrome Control Tower (ADC) melakukan pengaturan terhadap pesawat (traffic) yang akan berangkat dan telah landing. Unit ADC bekerja secara visual mengatur traffic dan memantau area tanggung jawabnya disekitar bandara yakni; manoevring area dan movement area seperti apron (tempat parkir pesawat), taxiway, runway (landasan) dan sekitarnya. Unit ADC seringkali dianggap bagian ATC service yang paling populer, karena unit ADC bekerja di tower yang merupakan landmark bagi sebuah bandara.

Approach Control Office (APP) memandu pesawat yang lepas landas dan akan mendarat pada suatu bandara. Di unit ini traffic departure dan arrival dikelola secara berkesinambungan dan simultan sehingga landasan dapat digunakan secara efisien. Unit ini juga bertugas menentukan urutan pesawat yang akan landing (sequence). Pada bandara sibuk, untuk dapat meng-handle traffic yang banyak dengan baik, unit APP biasanya bekerja dengan teknologi radar.

Area Control Center (ACC) memandu pesawat terbang lintas (overflying) dari satu bandara ke bandara lain pada ketinggian diatas 24.500 kaki. Pada negara yang memiliki wilayah udara yang luas, seperti Indonesia, Unit ACC dibagi menjadi beberapa sektor untuk mengefisiensikan ruang udara dan menurunkan beban kerja controller.



Sekian artikel tentang Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)
Sejarah Perkembangan 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pusat Pengatur Lalu Lintas Udara Terbesar Di Indonesia (MATSC)"

Post a Comment