Sejarah Facebook





Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 
2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk 
saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, 
separuh dari semua mahasiswa Harvard telah
mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar
Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam
jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk 
membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain
untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam
waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya. 

Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg
beserta dua orang temannya memutuskan untuk
pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di
sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg 
berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder
Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut
Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil
mendapatkan Peter Thiel (cofounder paypai)
sebagai investor pertamanya. Thiel
menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk
pengembangan Facebook. 

Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster 
mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk
membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama
sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut 
sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar
dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan
dana dari berbagai investor terus mengalir untuk 
pengembangan Facebook. 

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja 
kantoran.

Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail. Selain menolak tawaran dari Friendster seharga
10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah
menolak tawaran dari Viacom yang ingin
membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar. Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu
menandingi daya tarik Facebook terhadap user. 

Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu
account baru perharinya Lebih dari 25 juta user
aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19
menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas
di Facebook. Facebook adalah situs yang paling
diperdagangkan 6 di AS dan situs berbagi
foto atas dengan 4,1 miliar foto yang
diunggah. 

Berdasarkan jenis nomor,
Microsoft menginvestasikan $ 240,000,000
ke Facebook untuk 1,6 persen dari perusahaan pada bulan Oktober 2007. Ini
berarti penilaian lebih dari $ 15 miliar,
membuat Facebook yang paling berharga 5 
perusahaan Internet AS, namun dengan
hanya $ 150 juta dalam pendapatan tahunan. 
Banyak menjelaskan keputusan Microsoft sebagai semata-mata didorong oleh
keinginan untuk mengalahkan Google.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Facebook"

Post a Comment